Apa Itu URL

Pengertian

URL merupakan singkatan dari Uniform Rescure Locator. Yakni sebuah karakter yang memiliki standar tertentu yang menunjukkan alamat dari sumber-sumber internet. Baik itu berupa dokumen, gambar, file page dan lain sebagainya. Adapun rangkaian karakter yang umumnya digunakan dalam URL adalah angka, huruf, hingga simbol-simbol yang masih sesuai standar. Salah satu standar tersebut seperti tidak terdapat spasi, diawali dengan http, dan masih banyak lagi. URL sendiri sangat penting ditetapkan oleh web developer. Pada web browser sendiri sudah secara otomatis mengarahkan kolom URL Anda pada mesin pencarian, sehingga Anda hanya perlu mengetikkan keyword yang diperlukan saja.

Fungsi URL

Jika bisa diibaratkan, website merupakan sebuah rumah. Sementara untuk menuju rumah tersebut, maka Anda memerlukan sebuah alamat. Dalam dunia virtual sendiri alamat tersebutlah yang disebut dengan URL. Apa itu URL sendiri memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai pengidentifikasi dokumen yang ada pada web
  2.  Memberikan nama dokumen yang ada pada web
  3.  Memberikan alamat bagi setiap web yang nantinya diisikan dokumen
  4. Mempermudah dalam mengingat alamat dokumen yang terdapat dalam sebuah web
  5. Mempermudah dalam mengakses file maupun dokumen lewat sebuah web

Jenis dan Struktur URL

URL sebenarnya memiliki berbagai jenis yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

  1. URL Absolute

Merupakan sebuah alamat lengkap yang menyertakan nama domain. Alamat tersebut secara langsung juga menentukan lokasi dokumen ataupun director yang ada dalam internet. Adapun format penyusunan dari sebuah URL Absolute yakni domain-direktori-dokumen. Yang berarti direktori berada dalam suatu doman, sementara dokumen terdapat dalam suatu direktori pada domain utama.

  • URL Relative

Yakni sebuah URL yang menentukan sebuah alamat menurut URL aktif saat itu. Jika URL Absolute sudah memiliki format atau susunan yang baku, maka berbeda dengan URL Relative. URL ini tidak memiliki format penyusunan yang baku karena hanya ada petunjuk nama dokumen yang saat itu Kita buka pada halaman internet.

Bagian Pada URL

Selain beberapa jenis URL diatas, Anda juga perlu mengetahui apa saja bagian-bagian URL. Terdapat tiga bagian umum yang biasanya Anda akan jumpai pada sebuah URL. Tiga bagian tersebut antara lain Protokol, Hostname, serta Path. Di bawah ini merupakan bagian-bagian utama apa itu URL tersebut.

  • Protokol

Merupakan bagian dari URL yang menjelaskan bagaimana proses komunikasi akan dilakukan. Jika diartikan secara sederhana, maka Protokol merupakan seperangkat aturan yang menjelaskan tentang bagaimana proses komunikasi yang terjadi antara dua atau lebih komputer.

  • Hostname

Hostname sering kali disebut juga dengan domain name. Ini merupakan salah satu bagian yang menunjukkan alamat utama dari sebuah website yang menerbitkan informasi yang bersangkutan.

  • Path

Yakni bagian yang menunjukkan lokasi file yang dapat diakses.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *